Sulfiana Syaibun

Terlahir dengan nama Sulfiana dan akrab dipanggil Evi tepatnya 15 juni 1966 di kota Martapura Kabupaten OKU Sumatera Selatan anak ke 3 dari 9 bersaudara .jujur ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Petai Cina
#Tantangan menulis hari ke 250 menuju G 365

Petai Cina

#Tantangan menulis hari ke 250 menuju G 365

Petai Cina

Oleh : Sulfiana Syaibun

Petai cina, aku tak tau apa asalnya hingga dikatakan begitu yang pasti di kampungku paling banyak pohonnya banyak juga manfaatnya dan banyak juga yang suka makannya.

Petai ini bentuknya mirip sih dengan petai biasa hanya saja ukuran baik pohonnya maupun petainya beda, biji petai cina lebih kecil ukurannya ,tapi manfaatnya sungguh luar biasa

Manfaat petai cina tak hanya digunakan sebagai tambahan menu masakan . Petai cina memiliki nama Leucaena leucocephala merupakan sejenis tanaman perdu yang tumbuh di kawasan tropis. Tumbuhan ini memiliki banyak penyebutan di tiap daerahnya seperti mlanding, lamtoro, petai selong, dan masih banyak lagi.

Manfaat petai cina yang sering digunakan adalah bagian polongnya. Buah dan polong petai cina berbentuk pita lurus berwarna hijau hingga kecokelatan, pipih dan tipis dengan sekat-sekat di antara bijinya.

Manfaat petai cina kerap ditambahkan pada masakan seperti sambal goreng, sambal biasa, oseng-oseng, dan olahan lainnya. Sekilas bentuk petai cina memang menyerupai petai namun dalam versi mini. Dari sisi rasa dan aroma, petai cina juga tak jauh beda dengan petai biasa.

Selain menyedapkan masakan ada manfaat petai cina lainnya. yakni memberi efek baik pada kesehatan. Manfaat petai cina untuk kesehatan ini didapat dari kandungan nutrisi dan vitaminnya. Berikut manfaat petai cina yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber,

Detoksifikasi tubuh

Petai cina dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara detoksifikasi. Petai cina memiliki senyawa Alkaloid. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. Flavonoid dalam petai cina juga membantu menyingkirkan virus dan bakter di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan.

Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal.

Basmi cacingan dan cocok untuk diet

Basmi cacingan

Petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tak hanya mengeluarkan racun tapi juga dapat membasmi cacingan. Petai cina yang memiliki sifat anti bakteri dan anti virus membantu mengeluarkan cacing dalam tubuh.

Pengobatan Cina sudah banyak yang memanfaatkan petai cina sebagai obat herbal untuk cacingan. Petai cina bahkan dapat membasmi cacing gelang dan cacing cincin saat dikonsumsi langsung.

Cocok untuk diet

Petai cina tinggi protein, rendah lemak serta kalori. Konsumsi petai cina aman dan cocok dalam proses penurunan berat badan. Asupan protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Makanan tinggi protein mengurangi rasa lapar, membantu makan lebih sedikit kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan. Makan lebih banyak protein dapat mengurangi keinginan dan keinginan untuk ngemil larut malam

Cegah diabetes dan anti kanker

Anti-kanker

Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan kanker. Flavonoid dalam petai cina mampu mencegah sel-sel tubuh berkembang menjadi kanker.

Flavonoid membantu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh penyebab kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu menghentikan penggandaan sel kanker. Ini termasuk mengonsumsi makanan dengan flavonoid dan menjaga pola makan yang sehat.

Cegah diabetes

Penelitian menunjukkan ekstrak dari polong petai cina dapat menurunkan gula darah. Flavonoid yang ditemukan dalam petai cuna juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Petai cina juga mengandung Saponin yang juga dapat bermanfaat bagi penurunan gula darah. Saponin menurunkan lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah.

Hasil meta-analisis yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa asupan tinggi flavonoid makanan berkorelasi dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. Alkaloid dalam petai cina juga menurunkan glukosa darah yang dapat mengatasinyaKuatkan tulang

Menguatkan tulang

Petai cina juga mengandung kalsium dan fosfor yang memberi nutrisi pada tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh membutuhkan jumlah kalsium dan fosfor yang tepat untuk kesehatan tulang.

Tubuh tidak menghasilkan kalsium, jadi seseorang harus mengandalkan makanan untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Tulang adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh. Fosfor juga memainkan peran struktural penting dalam asam nukleat dan membran sel

Yang pasti menurut orang tua manfaatnya banyak sekali makanya gugling cari tau baru di mix dalam tulisan ini selebihnya bisa ditanya ke oom gugle ya biar gak salah ini sebagai info dasar karena saya lihat banyak petai cin adi lingkungan rumah saya namun taka da yang mau mengkonsumsinya ,tentu lebih mantab kalau dimasukkan ke sayur asem atau urab namun dimakan langsung juga tak kalah enaknya rasanya alami taka da yang menyamainya ,semoga bermanfaat

Pangklapinang Krabut city, Ahad 20 September 2020

Tantangan menulis hari ke 250 menuju G 365

Penulis ; Sulfiana Syaibun WA 0812 7192 9166.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif dan bermanfaat. Terimaksih dengan artikelnya bu. Bermanfaat. Saya suka petai cina apalagi dimasak dibikin botok di campur kelapa muda. hmmm lezat. Ternyata khasiatnya luar biasa ya? Barokalloh ibuku.

20 Sep
Balas

Alhamdulillah enak ya Bu trims Bu YAyah Rokayah

20 Sep

Paling sedap dibikin botok uuhhhg

20 Sep
Balas

Nah itu dia he he trims ya Bu

20 Sep

Alhamdulillah trims salam juga Bu Trisna Sesriyenti

20 Sep
Balas

Di tempat saya namanya sama petai cina, makasih Bu udah berbagi pengetahuan, keren tulisan Ibu

20 Sep
Balas

Alhamdulillah sama ya trims. Pak.Sunindio Bltg

20 Sep

Keren sekali tulisannya. Terima kasih sudah berbagi ilmunya. Sudah saya follback bu. Sukses selalu dan salam literasi

20 Sep
Balas

Alhamdulillah trims Pak Suhargo

20 Sep

Keren ibu cantik.. Sangat bermanfaat dan luar biasa... Salam santun

20 Sep
Balas



search

New Post