Sulfiana Syaibun

Terlahir dengan nama Sulfiana dan akrab dipanggil Evi tepatnya 15 juni 1966 di kota Martapura Kabupaten OKU Sumatera Selatan anak ke 3 dari 9 bersaudara .jujur ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pepaya yang tidak mulus lebih manis dan lezat rasanya
#Tantangan menulis hari ke 252 menuju G 365

Pepaya yang tidak mulus lebih manis dan lezat rasanya

#Tantangan menulis hari ke 252 menuju G 365

Pepaya yang tidak mulus lebih manis dan lezat rasanya

Oleh : Sulfiana Syaibun

Pepaya buah ini paling akrab di telinga juga akrab di mata dan juga lidah maupun hidung, ciri khas baunya dan rasanya yang tiada duanya hampir tidak ada yang menyamainya .

Untuk masalah papaya saya gak akan mengupas asal Bahasa luar karena semua pasti tau saat gugling om gugel ya, ini saya cerita budaya kita saja sekelumit Bahasa lagaknya diambil dari istilah guru putih biru waktu itu yakni alm Pak Fatoni yang terkenal baik tapi tegas, lugas dan disegani, beliau tidak pernah berkata pepaya ini Bahasa Belandanya ini namun beliau punya gaya mengajar yang unik misalnya pepaya itu bahasa lagaknya (Belanda papaya ), kalau bahasa Jawa namanya kates sedangkan Sunda gedang yang lebih unik lagi di Komering disebut punti kayu kalau gak salah juga he he .

Nah buah ini infonya punya banyak manfaat diantaranya:

1.Memperkuat system kekebalan tubuh ,mengandung vit A dan C yang dapat memperkuat system kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi .

Bila rutin mengkonsumsi buah papaya maka terciptalah perlindungan terhadap virus yang dapat menyebabkan flu dan batuk pilek .

2.Mnencegah penyakit jantung , dikarenakan adanya serat kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakkit jantung ,maka itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi papaya sepotong setiap harinya .

3. Mencegah pembekuan darah ,karena papaya mengandung zat fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah .

4.Untuk menjaga kesehatan pencernaan .,memperlancar sitem pencernaan

5.Menguarangi peradangan , ini karena papaya mengandung enzim yang disebuit papain dan chymopapain yakni anti inflamasi serta mnegurangi resiko penyakit kronis , enzim ini juga dapat mengobati masalh lain yang terkait dengan peradangan seperti edema .

6.Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh ,[antesan dulu saat saya panen papaya ada anak tetangga yang gak mau makan nasi melainkan hanya makan papaya tiap hari kuarng lebih satu kilo gram ,anaknya sehat ceria .( Infonya karena papaya banyak mengandung vit A,E dan C ,warna orange nya juga memberikan vit B Kompleks dan mineral seperti potassium ,tembaga dan magnesium .vitamin dan mineral bekerja sama

7.Menyehatkan tulang sebab adanya vit K Untuk kesehatan tulang yang baik , serta dapat mnegubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi eksresi -ekskresi kalsium.

8.Sebagai cadangan energi , ini yang mmebuat kita tak mudah Lelah, dapat menjadikan kita tidur nyanyak dan tidak mengalami insomnia .

9.Memperbaiki daya tahan tubuh ,papaya mengandung vit C lebih banyak 33 persen , dari buah jeruk, hal ini menjadikan manfaat buah papaya bisa diandalkan .untuk membnatu memulihkan konisi tubuh setelajh sakit ,selain itu buah papaya bisa menguatkan kekbaan tubuh .

10.Mencegah kerutan, vit E yang terkandung dalam buah papaya bermafata menghenetikan kerusakan seluler dan mnecegah pembentukan kerutan . Vit A bertanggung jawab menampilkna kulit yang halus dan tidak bernoda ,vit C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga mmepertahankan kekencangan kulit .

11.Mencerahkan kulit wajah

Vitamin pada papaya meembantu mengurangi stress pada kulit dan mnegangkat kulit mati, memberikan efek rileks ,sehat ,cerah dan segar,selain iut papaya mengandung anti oksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. , untuk mendapatkan manfaat buah papaya untuk wajah dengan menggunakan masker papaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

12.Mengatasi jerawat .

Manfaatnya mengatasi jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti .masker papaya secara rutin menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel, campurkan papaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempuna.,ini khusus ibu -ibu maupun gadis remaja biar kinclong wajahnya,

Selain manfaat buahnya ada juga resep cara memilih buah pepaya yang lezat rasanya pilihlah buahnya yang tidak mulus rasakan sensasinya duhai manis dan lezat silahkan coba

Pepaya tidak hanya enak dimakan begitu saja papaya juga bisa dijadikan sayur khusus yang masih setengah matang / belum lembut atau juga untuk campuran rujak buah, bahkan bias dibuat manisan papaya dan masih banyak juga cara masaknya tergantung selera ya, selain buahnya daunnya juga enak dijadikan lalap baik mentah ataupun bisa direbus dicocol dengan sambel terasi aduh mak enaknya ,

dimix dari berbagai sumber .

Pangkalpianang Krabut city Selasa, 22 September 2020

Tantangan menulis hari ke 252 menuju G 365

Penulis : Sulfiana Syaibun WA 081271929166

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih Bu atas berbagi pengetahuannya, sukses selalu untuk Ibu

22 Sep
Balas

Terima kasih sudah berbagi ilmunya. Keren sekali dan bermanfaat. Sukses selalu dan salam literasi

22 Sep
Balas



search

New Post